banjir.jpgBencana adalah pelanggan rutin bagi sejumlah kawasan di Tanah Air. Gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir bandang, datang silih berganti.

Bencana banjir, misalnya, telah menghumbalang sejumlah daerah di Indonesia beberapa bulan terakhir ini. Genangan air merendam ribuan rumah, gedung, serta ribuan hektare sawah, juga infrastruktur seperti jalan dan jembatan selama berhari-hari.

Ribuan warga terpaksa mengungsi. Mereka menyelamatkan harta benda dan jiwa sesempatnya. Sebagian beruntung dan ditampung di barak-barak pengungsian. Sebagian lagi hidup keleleran di ruang-ruang kosong yang belum terjamah bandang.

Kehidupan para pengungsi sangat mengenaskan karena kiriman bantuan dari pemerintah dan LSM belum semuanya menjangkau, terutama mereka yang berada di lokasi terpencil. Hari demi hari, mereka menanti dengan tak pasti kapan sumbangan sampai ke tangan mereka.

Seorang fotografer, entah siapa, mengabadikan bagaimana kehidupan para pengungsi korban “banjir” seperti yang terlihat dalam esai foto di bawah ini.

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket

Mohon maaf, untuk sementara ini belum tersedia nomor telepon yang bisa dihubungi oleh para calon donatur yang hendak memberikan sumbangan kepada para korban banjir di atas.

About these ads